Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin yang Perlu Anda Tahu

Kulkas menjadi salah satu barang yang banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga. Fungsinya yang cukup penting membuat hampir semua orang memilikinya. Namun, seiring pemakaiannya yang lama kulkas juga bisa mengalami masalah. Salah satunya yaitu kulkas tidak dingin. Anda perlu tahu apa saja penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin yang Perlu Anda Tahu
beres.id

Beberapa Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Di pasaran kulkas hadir dengan banyak merek dan desain menarik. Bahkan ada yang memiliki satu hingga dua pintu. Sebagian besar orang memilih menggunakan kulkas dua pintu dengan alasan kapasitasnya yang cukup besar.

Meski demikian, sering sekali terjadi masalah yang timbul pada peralatan elektronik satu ini. Sering terjadi masalah kulkas tidak dingin. Adapun beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang umum terjadi antara lain:

Kebocoran Freon

Untuk penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin biasanya terjadi karena adanya kebocoran freon. Hal ini terjadi pada kondisi lampu menyala namun kulkas tidak dingin. Selain itu, bisa juga karena kinerja antara deforst ke nofost tidak berjalan dengan normal. Sehingga mengakibatkan penyumbatan pada evaporator.

Bunga Es Menutupi Lubang Angin

Penyebab lain kulkas tidak dingin bisa saja karena ada bunga es yang menutupi lubang angin pada kulkas. Bunga es memang berperan penting untuk membuat kulkas tetap dingin. Ketika bunga es sudah terlalu tebal, maka bisa saja menutupi bagian lubang angin pada kulkas. Hal inilah yang menghambat dan membuat kulkas tidak berfungsi dengan optimal.

Pintu Lemari Kurang Rapat

Masalah lain yang bisa menimbulkan lemari es 2 pintu tidak dingin bisa terjadi karena penutupannya kurang rapat. Ketika pintu kulkas tidak bisa tertutup rapat, maka suhu ruangan akan mudah masuk. Hal ini membuat suhu pada kulkas akan terganggu.

Biasanya kulkas yang tidak bisa ditutup dengan rapat terjadi karena karet bermasalah. Padahal karet pada pintu memiliki peran yang cukup penting untuk menutup kulkas dengan sempurna. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera ganti karet dengan yang lebih kencang.

Sistem Defrost Otomatis Rusak

Pada lemari es dua pintu terdapat sistem pencairan. Ini dapat mengontrol siklus pencairan dan pendinginan. Soal komponen defrost, biasanya berupa timer defrost serta pemanas defrost. Timer defrost berfungsi untuk mengalihkan lemari es antara mode pendingin dan defrost.

Jika masalah terjadi pada mode pendinginan tentu mengakibatkan embun beku berlebih menumpuk. Sehingga mengurangi aliran udara yang masuk. Jika berhenti pada mode defrost semua embun beku justru akan mencair dan tidak akan masuk pada siklus pendingin lagi.

Sebenarnya masih banyak masalah yang bisa terjadi pada kulkas. Namun hal yang sering terjadi yaitu kulkas tidak dingin. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu apa saja penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin. Sehingga bisa mengatasinya dengan cepat dan mudah.